Penyebab bayi tidak mau minum susu pakai dot

Ketika bayi sudah mulai besar maka asupan yang diperlukan oleh bayi pun semakin beragam, tidak hanya ASI saja namun biasanya bayi juga memerlukan MPASI atau makanan penunjang ASI lainnya.

Misalnya saja makanan yang lembut berupa bubur atau minum susu tambahan berupa susu formula contohnya. Untuk memberikan susu formula tambahan biasanya membutuhkan alat tersendiri yakni menggunakan dot.

Namun tidak jarang ada juga bayi yang tidak mau minum susu menggunakan dot, lantas apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut beberapa penyebab bayi tidak mau minum susu pakai dot yang perlu anda ketahui.

Dot yang tidak tepat

Bayi terbiasa minum susu dari puting ibu, sehingga jika menggunakan dot dan tidak sesuai dengan apa yang biasa bayi rasakan maka bayi akan menolaknya.

Maka dari itu, untuk mengatasinya agar bayi mau minum susu menggunakan dot maka pilihlah ukuran dot yang sesuai dengan mulut bayi, kemudian pilih juga lubang dot yang sesuai agar susu yang keluar dari botol dot tidak terlalu sedikit maupun terlalu banyak.

Suhu susu yang tidak tepat

Selanjutnya suhu pada air susu juga dapat mempengaruhi bayi tidak mau minum susu menggunakan dot, oleh karena itu buatlah susu dengan suhu yang sedang sesuai dengan kondisi perut bayi karena perut bayi masih sensitive. Jangan terlalu dingin karena tidak nyaman di perut bayi dan jangan terlalu panas karena bisa menyakiti bayi.

Susu formula tidak disukai bayi

Meskipun masih bayi namun biasanya bayi sudah bisa merasakanĀ  makanan atau minuman yang dikonsumsinya, bayi sudah bisa merasakan ASI yang dikonsumsinya sehingga jika ada asupan lain yang rasanya berbeda dengan ASI maka bayi akan menolaknya.

Salah satu asupan MPASI yang paling banyak digunakan sebagai penunjang asupan bayi adalah susu formula. Namun biasanya ada susu formula yang tidak cocok dengan bayi dari segi rasanya sehingga bayi tidak suka dan menolak jika diberikan susu formula tersebut menggunakan dot.

Maka dari itu sebagai solusinya, pilihlah susu formula yang cocok untuk bayi anda karena susu formula beragam merk dan jenisnya.