Mengenal Beragam Sholat-Sholat Sunnah Penambah Pahala

Sholat merupakan ibadah yang tercantum dalam rukun islam. Posisi tersebut membuat ibadah sholat menjadi kegiatan ibadah wajib bagi umat muslim di seluruh dunia. Berdasarkan hukumnya, sholat dibagi menjadi dua macam yaitu sholat fardhu yang wajib dilaksanakan dan sholat sunah yang tidak wajib dilaksanakan tetapi akan mendapatkan pahala jika melaksanakannya. Adapun sholat yang wajib dilaksanakan umat muslim yaitu sholat subuh, sholat dzuhur, sholat ashar, sholat maghrib, dan sholat isya. Sedangkan untuk sholat sunnah sendiri terdiri dari berbagai macam dengan waktu pelaksanaan yang berbeda pula. Nah, bagi anda yang ingin menyempurnakan ibadah sholat sekaligus menambah pahala melalui sholat sunnah maka simaklah ulasan menarik di bawah ini.

Sholat Sunnah Rawatib Penyempurna Sholat Fardhu

               Sholat sunnah rawatib merupakan ibadah sholat yang dilaksanakan untuk menyempurnakan ibadah sholat fardhu. Berdasarkan macamnya, sholat sunnah rowatib terbag menjadi sholat rawatib qabliyah yang dilaksanakan sebelum sholat fardhu dan sholat rawatib ba’diyah yang dilaksanakan setelah sholat fardhu. Detail hukum sholat sunnah rawatib pun terbagi menjadi dua jenis yaitu sunnah muakkad dengan kekuatan yang kuat dan besar kemuliaannya serta sunnah ghairu muakkad yang kekuatannya kurang sehingga kurang ditekankan. Berdasarkan hukum tersebut maka jumlah rakaat sholat sunnah rawatib muakkad terbagi menjadi : 2 rakaat sebelum subuh, 2 atau 4 rakaat sebelum dzuhur, 2 atau 4 rakaat setelah dzuhur, 2 rakaat sesudah maghrib, dan 2 rakaat sesudah isya. Sedangkan untuk rakaat sholat sunnah rawatib ghairu muakkad terdiri dari ; 2 atau 4 rakaat sebelum Ashar, 2 rakaat sebelum maghrib, dan 2 rakaat sebelum isya.

Terdapat beberapa anjuran yang dapat dilakukan agar sholat sunnah rawatib menjadi lebih khusyuk yaitu niat dilakukan berdasarkan waktu sholatnya, menggunakan adzan dan iqamah, tidak dikerjakan secara berjamaah, tidak mengeraskan bacaan, apabila lebih dari 2 rakaat maka setiap 2 rakaat salam, dan dilaksanakan di sekitar tempat sholat fardhu. Keutamaan sholat sunnah rawatib yang perlu diketahui umat muslim adalah menghadirkan ketenangan dunia dan akhirat, dijauhkan dari api neraka, memperoleh rahmat dari Allah SWT, dan mendapatkan jaminan rumah di surga.

Sholat Sunnah dengan Waktu Tertentu

               Selain sholat sunnah rawatib, terdapat banyak sekali sholat sunnah yang dapat dikerjakan untuk memperolah tambahan pahala pada waktu tertentu. Salah satu contoh adalah sholat tarawih yang merupakan sholat sunnah setelah sholat isya pada saat bulan ramadhan. Ibadah shalat terawih juga dilengkapi dengan sholat witir sebagai penutupnya. Terdapat pula sholat sunnah yang dilakukan bertepatan dengan hari raya idul fitri maupun idul adha yang dikenal sebagai sholat ied. Hukum dari sholat ini adalah sunnah muakkan sehingga sangat mulia dan sangat dianjurkan.  Masih banyak jenis sholat sunnah lainnya yang dapat dikerjakan untuk mendapatkan pahala seperti sholat dhuha, sholat wudhu, sholat tahiyatul masjid, dan lain sebagainya.