Penyakit Hati Dalam Islam Yang Wajib Anda Hindari

Penyakit hati merupakan hal yang sangat merugikan diri sendiri. Banyak kesedihan dan juga ketidakbahagiaan datang karena adanya penyakit hati. Banyak sekali penyakit hati yang wajib dihindari karena tentunya hanya merugikan bagi pribadi yang merasakannya. Penyakit hati ini jika lama lama dipendam dan juga dilestarikan akan menimbulkan kerugian dan berkurangnya pahala kebaikan.

Banyak penyakit hati dalam islam yang wajib anda hindari agar anda selalu berpikiran positif dan juga dapat menghindarkan diri dari berbagai bentuk penyakit hati ini. Penyakit hati bisa datang kapan saja dan darimana saja sehingga anda harus banyak mengoreksi diri jika banyak diantara penyakit hati ini yang tiba tiba datang dan menguasai diri anda.

Beberapa penyakit hati dalam islam ini dapat anda baca informasinya di laman https://www.wajibbaca.com/ dan merupakan salah satu laman terbaik untuk anda dapat mengenali bagaimana penyakit penyakit hati yang dapat menguasai diri anda.

Beberapa penyakit hati dalam islam yang wajib anda hindari antara lain :

  1. Takabbur

Takabbur adalah sombong. Hal ini tentu saja penyakit hati yang cukup sulit untuk dihilangkan. Orang yang takabbur akan menyombongkan apapun yang ia punya dan tidak dipunyai oleh orang lain. Takabbur dalam islam adalah meremehkan apa yang menjadi tindakan orang lain dan kemudian membenarkan apa yang ia lakukan untuk diri sendiri. Hal ini tentunya sanhgat tidak baik untuk kesehatan diri sendiri.

Sifat atau penyakit hati seperti takabbur sangat sulit dihilangkan apabila sudah mandarah daging dalam hati, namun cobalah untuk bersikap rendah hati dan jauhkan diri dari penyakit hati bernama takabbur.

  1. Riya

Penyakit hati yang bernama riya mungkin banyak orang yang tidak menyadarinya. Riya adalah melakukan sesuatu hal baik itu ibadah atau perbuatan baik yang tujuannya agar di puji oleh manusia. Orang yang riya senantiasa membanggakan apa yang sudah ia kerjakan dan tidak mempedulikan bagaimana tujuan hatinya. Orang yang riya akan melakukan sesuatu agar dirinya di puji oleh orang lain terhadap apapun yang dilakukannya.

Hal seperti ini wajib dihindari agar segal perbuatan yang dilakukan mendapat ridho allah yang sebenar benarnya dan bukan melakukan sesuatu hanya agar orang lain dapat memujinya.

  1. Ujub

Ujub adalah salah satu penyakit hati dalam agama islam yang wajib anda coba hilangkan. Ujub ini menjadi hal yang sangat buruk akibatnya jika anda mengalami penyakit hati ini. Ujub adalah merasakan diri sendiri paling benar. Mengagumi apa yang sudah dilakukan oleh diri sendiri. Ujub berbeda dengan sombong karena jika sombong, maka akan melakukan penolakan terhadap kebenaran yang dilakukan oleh orang lain.

Penyakit hati ujub ini juga baik untuk dihindari agar segala tujuan dan maksud baik mendpatkan ridho dari Allah semata dan tidak mengharapkan apapun. Hindari penyakit hati ujub agar pribadi menjadi lebih tenang. Sikap ujub biasanya didapat karena pribadi tersebut biasa merasakan kemenangan, selalu beruntung atau juga diberikan kenikmatan kenikmatan yang besar sehingga lalai untuk mensyukuri nikmat dan malah hanya membanggakan diri sendiri saja.

  1. Sum’ah

Sum’ah atau samaah artinya adalah memperdengarkan. Jadi dengan maksud lain, sum’ah adalah adalah salah satu penyakit hati dalam islam yang artinya adalah memperdengarkan amalan apapun kepada manusia. Bedanya dengan riya adalah, amalan tersebut memang diniatkan untuk allah namun tetap diperlihatkan kepada manusia lain.

Hal seperti ini memang kecil dan kadang luput dari perhatian sehingga adanya penyakit hati seperti ini sulit untuk dihilangkan. Perbaiki kembali niat dan hanya kepada allah saja segala hal di lakukan.

  1. Hasad

Hasad adalah iri. Hal ini merupakan penyakit hati yang sangat haram hukumnya. Iri bisa jadi benci melihat orang lain mendapatkan sesuatu dan ingin sesuatu itu datang kepadanya. Penyakit hati seperti ini sangat wajib dihindari agar hati selalu tenang dan tidak mengharapkan apapun yang dapat membuat sifat iri dalam hati ini hilang.

Banyak mengoreksi hati dan jauhkan iri, ikut senang jika orang lain mendapatkan sesuatu merupakan hal yang sangat baik agar terhindar dari iri hati.

  1. Taqtir

Taqtir merupakan salah satu sifat yang sangat keji, hal ini bisa terjadi pada siapa saja. Taqtir ini adalah kikir dan tidak mau mengeluarkan hartanya meskipun hal itu adalah perkara yang wajib dilakukan. Misalkan saja orang yang tidak mau berzakat padahal sudah mampu dan mempunyai banyak harta agar dapat dibelanjakan di jalan allah. Orang yang taqtir tidak akan rela mengeluarkan uang untuk apapun meskipun ia mempunyai uang yang cukup banyak. Hartanya hanya ia simpan dan sifat kikirnya menguasainya.

  1. Panjang Angan-Angan

Salah satu penyakit hati yang wajib dihindari adalah panjang angan angan. Hal ini adalah fokus pada hal yang ia inginkan dan kemudian melupakan sesuatu yang menjadi kewajibannya. Hal tersebut harus dihindari karena akan orang yang memiliki angan angan yang panjang seringkali lalai mengenai kewajiban apa yang harus ia lakukan dan hanya fokus terhadap apa yang ia inginkan di dunia ini seolah akhirat tidak ada.