Sering Diakses, Berikut Pengertian Apa Itu Website dan Jenisnya

Berkembangnya internet menuntut semua penggunanya untuk mengenal apa itu website. Sebenarnya sudah banyak orang yang aktif menggunakan website, namun belum paham dengan pengertiannya. Dengan memahami pengertian website, maka pengguna internet akan lebih mudah dalam mendapatkan informasi yang diinginkan.

Website adalah kumpulan halaman yang dimiliki satu domain di internet. Setiap orang bisa mengakses website tersebut dengan jaringan internet. Website tersebut dapat diakses dengan menggunakan URL.

Sebagai media informasi, awalnya website hanya memiliki tampilan berupa tulisan. Namun, kini ada berbagai bentuk informasi yang bisa didapatkan dengan mengakses website. Website sendiri dibagi menjadi beberapa jenis. Apa sajakah itu?

Apa Itu Website dan Jenisnya

Pixabay.com

Company Profile

Setelah mengenal apa itu website, para pengguna internet perlu mengenal jenis-jenis website. Jenis website yang pertama adalah company profile. Website ini biasanya dimiliki oleh perusahaan atau organisasi untuk menampilkan informasi yang terkait. Beberapa informasi yang dicantumkan, antara lain nama perusahaan, produk perusahaan, visi misi, serta halaman kontak.

Biasanya ada pula galeri yang memuat foto atau video terkait aktivitas perusahaan. Website company profile biasanya bersifat statis, sehingga hanya digunakan untuk pemberian informasi satu arah. Jenis website ini lebih fokus dengan tampilan desain dan informasi  yang dimuat.

E-Commerce

E-commerce adalah website dengan fitur untuk melakukan kegiatan jual beli barang/jasa melalui portal internet. Website ini menawarkan fitur-fitur yang bisa menggantikan fungsi pada toko offline. Fitur yang tersedia, misalnya tampilan produk, pemesanan barang, pengecekan produk, dan melakukan transaksi online. Beberapa contoh e-commerce, antara lain Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, dan Amazon.

Government

Seperti namanya, website government adalah website yang dimiliki oleh pemerintah. Website government resmi milik pemerintah nasional, pemerintah lokal, dan departemen pemerintah. Pada website ini dimuat informasi mengenai peraturan-peraturan pemerintahan, serta informasi berita terkait. Beberapa contoh website pemerintah yang sering melakukan update adalah kemenkeu.go.id dan Jakarta.go.id.

Archive

Jenis website berikutnya adalah website archive yang digunakan sebagai penyimpanan konten-konten elektronik yang mungkin terancam hilang. Penggunaan website archive sangat bermanfaat jika suatu saat portal website dihack dan kehilangan data-datanya. Dengan adanya website archice, maka data telah tersimpan dan dapat dikembalikan seperti semula..

Beberapa contoh website archive adalah Internet Archive dan Google Groups. Sejak tahun 1996, Internet Archive telah menyimpan miliaran halaman website. Sedangkan, Google Groups pada awal tahun 2005 telah mengarsip lebih dari 845 juta pesan yang diposting ke grup-grup diskusi online.

Portal Berita dan Informasi

Website berita dan informasi adalah website yang memuat berita atau informasi untuk dibaca pengunjung. Situs ini biasanya berisi opini dan artikel mengenai berita terkini yang terjadi di dalam negeri maupun luar negeri. Situs berita ini layaknya koran, majalah, dan buletin online. Beberapa contoh website berita, antara lain Kompas, Detik, Liputan6, dan CNN.

Blog

Blog adalah website yang berisi konten-konten tertentu yang biasanya sebagai bentuk ekspresi penulis. Penulis blog bisanya disebut blogger. Kini ada banyak blogger yang memanfaatkan media blog gratis untuk menuliskan ide dan ekspresi dengan berbagai konten. Beberapa blogger professional bahkan mendapatkan bayaran saat menulis topik tertentu. Beberapa platform yang biasa digunakan, misalnya Blogger dan WordPress.

Menghadirkan kemudahan akses, website memiliki banyak manfaat bagi kehidupan. Selain mengenal apa itu website beserta jenis-jenisnya, ada beberapa manfaat website yang patut diketahui oleh pengguna internet. Berikut adalah beberapa manfaat website yang perlu diketahui.

Apa Itu Website dan Manfaatnya

Pixabay.com

Berbagi Cerita dan Informasi

Manfaat website yang pertama adalah dapat digunakan sebagai sarana berbagi cerita dan informasi. Biasanya hal ini dilakukan pada website jenis blog. Lewat blog penulis bisa berbagi cerita atau informasi mengenai apa saja, seperti traveling, parenting, teknologi, keuangan, hingga kuliner.

Membangun Personal Branding

Salah satu manfaat website untuk pribadi, yaitu untuk personal branding. Dengan website, penggunanya bisa membagikan hasil karya dan portfolio. Dengan demikian, website bisa membangun personal branding yang profesional.

Menghasilkan Uang

Kini ada berbagai cara untuk menghasilkan uang dari website. Selain menjadi blogger atau influencer, para penggunanya bisa mendaftarkan website ke Google AdSense untuk mendapatkan uang dari iklan Google. Ada pula program affiliate marketing yang bisa diikuti untuk menghasilkan uang dari website. Namun disarankan pilihlah optimize yang halal agar berkah hasilnya.

Sebagai affiliate marketer, yang diperlukan hanya mempromosikan produk atau jasa dari perusahaan lain di website. Pemilik website akan mendapat komisi jika ada konsumen yang membeli melalui website nya. Membuat toko online juga menjadi salah satu cara untuk mendapatkan uang melalui website.

Memahami apa itu website dan juga manfaatnya tentu membuat banyak orang tertarik untuk memiliki website. Namun, perlu diketahui pula bahwa untuk meningkatkan banyak pengunjung, pemilik website harus memiliki konten-konten yang SEO friendly. Tak perlu khawatir, kini telah banyak layanan jasa, seperti Atlanta SEO Company yang dapat membantu optimasi website