Model Ventilasi Rumah

Ventilasi merupakan bagian bangunan yang berfungsi sebagai tempat keluar-masuknya udara. Sebutan lain ventilasi adalah jendela. Sama seperti model rumah yang dapat divariasikan, model atau bentuk jendela juga banyak ragamnya. Berikut ini beberapa model ventilasi rumah yang dapat menginspirasi Anda.

Aneka Tipe Ventilasi Rumah

  1. Ventilasi Udara Dari Kaca Nako

Salah satu model ventilasi udara yang patut dijadikan pertimbangan adalah kaca nako. Kaca yang biasa dipasang pada rangka logam dan dapat dibuka-tutup ini merupakan salah satu model ventilasi yang sempurna untuk sebuah hunian.

Desain kaca nako umumnya berbentuk kotak atau persegi. Namun, perkembangan zaman membuat desain kaca nako semakin bervariasi, mulai dari variasi material rangka yang tidak terbatas pada logam, hingga penggunaan material lain yang bukan kaca.

Kaca nako tidak hanya berfungsi sebagai lubang ventilasi, tetapi juga termasuk dalam elemen desain yang dapat mempercantik hunian. Kaca nako cocok dengan berbagai material mulai material logam hingga kayu. Kaca ini juga cocok dipasangkan dengan berbagai warna.

Jika Anda ingin ruangan tampak lapang, maka penggunaan frame atau rangka putih dapat diaplikasikan. Namun, jika ingin hunian tampak lebih alami, gunakanlah rangka kayu. Kaca nako juga cocok dengan warna gelap. Penggunaan warna cokelat kayu yang dikombinasikan dengan kaca nako akan membuat ruangan menjadi tampak elegan dan mewah.

  1. Ventilasi Besar

Desain ventilasi atau jendela besar yang dapat dibuka lebar akan sangat cocok dengan hunian berkonsep minimalis. Jendela besar ini akan memberikan banyak akses kepada cahaya alami untuk masuk ke dalam rumah. Dengan begitu, sekalipun luasnya terbatas, hunian tidak akan terkesan gelap dan suram.

Selain itu, jendela besar yang dipasang pada rumah minimalis juga dapat memberikan kesejukan yang membuat hunian terhindar dari kesan pengap. Terlebih jika di sekitar hunian terdapat banyak pepohonan dan tanaman hijau yang dapat menyegarkan mata saat dipandang dari dalam rumah.

  1. Ventilasi Dapur

Sebagai ruang yang digunakan untuk memasak dan menjadi sumber dari berbagai aroma di dalam rumah, dapur memerlukan ventilasi. Dengan adanya ventilasi pada bagian dapur, sinar matahari dan udara segar dapat masuk ke ruangan. Panas dan pengap yang biasa dirasakan saat memasak pun akan hilang seiring dengan aliran udara yang lancar.

Ventilasi pada bagian dapur dapat dipasang sesuai selera. Anda dapat memilih untuk memasang ventilasi di dekat bak cuci piring atau di dekat kompor agar asap dan hawa panas saat memasak dapat segera digantikan dengan udara segar dari luar ruangan.

Terkait material yang digunakan, Anda dapat memilih sesuai dengan konsep atau tema yang diterapkan pada dapur. Untuk menghadirkan kesan yang alami, Anda dapat menggunakan material kayu untuk membuat ventilasi. Namun, Anda juga dapat menggunakan material logam seperti alumunium jika ingin lebih awet.

  1. Ventilasi Kamar Mandi

Kamar mandi biasanya dibuat dalam ukuran yang tidak terlalu besar, terutama kamar mandi pada hunian minimalis. Oleh karena itu, ventilasi biasanya dibutuhkan agar cahaya matahari dapat masuk ke dalam dan menghindarkan kamar mandi dari kesan suram dan pengap.

Model ventilasi rumah pada kamar mandi biasanya berukuran kecil dan berbentuk persegi panjang. Namun, desain ventilasi tersebut masih dapat disesuaikan dengan selera dan konsep rumah.

  1. Ventilasi Kamar Tidur

Jalusi adalah sebuah ornamen yang dipasang pada jendela. Umumnya, jalusi berbentuk rangka horisontal yang dipasang pada bagian dalam jendela. Tujuannya adalah untuk membatasi cahaya yang masuk ke dalam ruangan sekaligus sebagai lubang keluar-masuknya udara.

Umumnya, jalusi terbuat dari material kayu sehingga penggunaannya sangat identik dengan hunian tradisional dan terkesan kuno. Meski begitu, model jalusi juga mengalami perkembangan dan materialnya tidak terbatas pada kayu.

Dengan adanya jalusi, jendela atau ventilasi terdiri dari dua lapis, yaitu lapisan kaca yang ada di bagian luar dan jalusi pada bagian dalam. Pengaturan ini membuat cahaya dapat masuk ke dalam ruangan, tetapi tidak terlalu banyak sehingga sangat cocok dipasang pada kamar tidur untuk menjaga privasi.

Tidak seperti kaca nako yang dapat dibuka-tutup dengan leluasa, jalusi tidak dapat digerakkan ke atas atau kebawah karena rangkanya sudah paten.

Sebagai salah satu elemen penting yang harus ada pada hunian, ventilasi dapat dibuat dengan berbagai model maupun material sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda membutuhkan material untuk membuat ventilasi atau material bangunan lainnya, qhomemart.com adalah tempat belanja yang tepat.

Situs belanja online yang dapat diakses di qhomemart.com ini menyediakan berbagai produk berkualitas dengan harga bervariasi. Namun, bagian terbaiknya adalah Anda tidak perlu repot-repot keluar rumah untuk berbelanja. Dengan mengandalkan jaringan internet, Anda dapat berbelanja dengan mudah.