Memahami Tentang Meteorologi Dan Fungsi Utamanya

Tahukah Anda mengenai meteorologi? Ini merupakan sebuah cabang ilmu pengetahuan. Studi ini sudah berkembang ribuan tahun yang lalu. Dan ini terus mengalami perkembangan sehingga menghasilkan informasi yang cukup akurat.

Fungsinya sangat banyak. Hampir setiap lini kehidupan di dunia modern membutuhkannya. Karena dengan bekal data yang terkumpul, seseorang bisa mengambil sebuah keputusan yang bijak supaya tidak mengalami kondisi yang tidak diharapkan.

Apa Itu Meteorologi?

Pixabay.com

Sederhananya, meteorologi ini berkaitan langsung dengan prakiraan cuaca. Pasalnya, ilmu ini mengamati perubahan yang terjadi di atmosfer.

Fenomena yang terjadi di atmosfer akan diselidiki. Hasil penelitian akan membuahkan sebuah kesimpulan. Misalnya tentang perubahan cuaca yang terjadi di masa depan.

Orang yang ahli meteorology ini disebut dengan meteorologist. Kemampuannya dalam membaca data sangat dibutuhkan. Terutama untuk memberikan informasi akurat mengenai apa yang sebaiknya dilakukan manusia. Contohnya ialah bertani.

Dalam bidang ilmu ini, seorang meteorologist akan memperhatikan beberapa variable. Di antaranya adalah tekanan udara, temperature, uap air dan hubungannya.

Dari komponen ini, konsultan tenaga ahli meteorologi akan memahami tentang apa yang akan terjadi. Misalnya besok akan mengalami hujan atau banjir dan lain sebagainya. Karena komponen ini bisa memberikan gambaran jelas tentang fenomena yang terjadi di atmosfer.

Perkembangan Ilmu Cuaca

Cabang ilmu ini dikenal sebagai ilmu cuaca. Ilmu tersebut sebenarnya telah lama ada. Bahkan sudah dipelajari sejak ribuan tahun silam.

Orang pertama yang dijadikan sebagai peletak dasar ilmu ini adalah Aristoteles. Seorang filusuf asal Yunani yang pernah menuliskan sebuah buku tentang ilmu ini pada tahun 340 SM.

Dari sini, banyak hal yang bisa dipelajari. Ini dibuktikan dengan munculnya pengembangan yang bisa Anda nikmati hingga saat ini.

Pada tahun 1600, banyak sekali peralatan yang ditemukan untuk keperluan pengukuran. Salah satunya adalah thermometer yang berfungsi sebagai alat pengukur temperature.

Tidak hanya itu saja, ada juga barometer yang berguna untuk mengukur tekanan udara. Sementara alat pengukur kelembaban dinamakan dengan hygrometer.

Semenjak itu, banyak penemuan yang mana menandai adanya kemajuan dalam cabang ilmu tersebut. Penemuan yang terkemuka ialah mesin telegraf. Mesin ini dibuat pada tahun 1843. Fungsi alat ini ialah untuk alat pertukaran informasi mengenai cuaca di suatu wilayah.

Kemudian tahun 1869, muncullah isobar yang merupakan bentuk dari peta cuaca. Dan banyak lagi penemuan yang membuat seseorang bisa menemukan informasi secara akurat.

Lompatan tinggi terjadi ketika diciptakannya model atmosfer melalui perangkat komputer pada tahun 1950. Dan ini terus dikembangkan sehingga para pakar bisa memprediksi cuaca pada hari berikutnya.

Kemajuannya semakin tidak terbendung dengan pembuatan sebuah radar cuaca dan satelit. Ini semua bisa dimanfaatkan untuk memantau kondisi cuaca dengan baik. Teknologi ini juga bisa mengetahui berbagai hal penting seperti kebakaran, penumpukan debu, pemetaan es dan lain sebagainya.

Fungsi Utama Dari Meteorologi

Pixabay.com

Banyak sekali fungsinya bagi kehidupan manusia. Ilmu ini bermanfaat hampir ke seluruh lini kehidupan. Di antaranya untuk hal berikut ini.

  1. Penerbangan

Dunia penerbangan memang sangat membutuhkan informasi mengenai fenomena yang terjadi di angkasa. Karena fenomena ini memberikan gambaran tentang apa yang akan terjadi bila melakukan penerbangan.

Diketahui bahwa cuaca buruk dengan badai dan petir tentunya akan membuat penerbangan mengalami delay. Karena bila dipaksakan, ini sangat berisiko terhadap keselamatan manusia.

  1. Pertanian

Iklim atau cuaca juga menjadi perhatian di dunia pertanian. Karena iklim ini akan mempengaruhi pada keseimbangan ekosistem.

Pertumbuhan tanaman serta munculnya hama bisa dikenali pada musim-musim tertentu. Dengan pemahaman seperti ini, para petani bisa mengupayakan berbagai cara supaya hasil pertanian tetap bagus.

  1. Militer

Dalam dunia militer, memahami kondisi cuaca ini akan bermanfaat dalam pengambilan sebuah keputusan. Strategi apa yang akan digunakan harusnya tidak terhalang oleh perubahan cuaca. Bahkan bila diperlukan, strategi yang terpilih memang terbantu dengan perubahan cuaca tersebut.

  1. Maritime

Dalam dunia kelautan, cuaca juga sangat berpengaruh. Peramalan akan tinggi gelombang dan badai sudah diperhitungkan. Dengan begitu, kegiatan pelayaran bisa dijadwalkan supaya tidak menimbulkan permasalahan di tengah laut lepas.

  1. Siklus Cuaca

Fungsi lain dari cabang ilmu tersebut ialah untuk mengetahui siklus dari cuaca yang terjadi di suatu kawasan. Ini bisa dijelaskan sehingga pakar bisa memberikan peringatan pada masyarakat untuk melakukan berbagai hal. Contohnya ialah meramal tentang hujan, salju, arah angin dan lain sebagainya.

Kesimpulannya, ilmu ini merupakan bagian pengetahuan tentang fenomena atmosfer yang berkaitan dengan kelembaban, tekanan udara dan lain sebagainya. Fungsi utama dari meteorologiĀ  ialah mempermudah dalam memahami perubahan cuaca di suatu wilayah.