Apakah Ternak Burung Merpati Kipas Menjanjikan?

Beragam jenis burung merpati kerap kali menjadikan pengetahuan lebih bagi mereka yang ingin tahu. Mulai dari merpati balap hingga merpati hias. Mulai dari burung merpati yang dilombakan hingga burung merpati yang digunakan untuk dikembang biakan dan dibudi dayakan. Nah! Di bawah ini merupakan seputar burung merpati kipas yang perlu anda ketahui.

1) Apa itu merpati kipas?

Guys, siapa sih yang tidak kenal dengan jenis merpati yang satu ini? Merpati kipas sering dikembang biakan oleh pembudi daya untuk menghasilkan uang. Beberapa orang memerlukan merpati jenis ini untuk berbagai keperluan. Mulai dari bulunya yang cantik, merpati kipas terkenal sekali dengan yang namanya bulunya.

Merpati kipas tak lepas dari sebutan merak. Pasti anda tahu, bukan? Bulunya yang indah kerap kali mirip seperti burung merak ketika sedang mekar. Merpati kipas sering diburu oleh kebanyakan orang lantaran bulunya yang bagus. Selain daripada itu, merpati kipas juga biasa dijadikan sebagai simbol pernikahan.

2) Apakah Beternak Merpati Kipas Menjanjikan?

Bagi anda yang pernah menyaksikan keindahan dari merpati kipas apakah sesekali anda berpikiran mengenai bisnis? Bagaimana jika bisnis merpati kipas? So, bisnis hewan yang satu ini sangat menjanjikan loh! Seorang pembudidaya merpati jenis ini di Yogyakarta telah mengakui bahwa peminatnya sangat tinggi.

Selain itu, ia juga mengakui bahwa siklus bertelur dari burung merpati kipas ini sangat cepat. Bisa dikatakan 1,5 bulan sekali burung merpati kipas bisa menghasilkan telur. Bukan hanya itu saja, jika kita berbicara mengenai keuntungan beternak burung yang satu ini, harganya sangat bervariasi sekali. Kisaran RP 400.000 – RP 1.000.000.

Harga yang telah tersebut di atas merupakan harga untuk burung merpati kipas hasil silang dengan burung merpati jacobin. Sementara untuk burung merpati kipas varietas asli, menghasilkan peranakan tanpa hasil silang, harga burung merpatinya bisa mencapai 2,5 juta. Nah! Bayangkan saja jika sebulannya anda mampu menjual hingga tiga, empat atau lima burung merpati? Tentu sangat menggiurkan sekali!