Skip to content

Mengintip Cara Uninstal Aplikasi Di Laptop Hingga Tuntas Dan Lengkap

  • by

Tak jarang kita memang ingin membuang beberapa aplikasi yang sudah tak begitu dibutuhkan. Dengan menghapus atau menguninstal beberapa akan membuat ruang penyimpanan internal tidak terbebani. Sehingga kinerja laptop juga akan tetap prima dan tidak mengganggu produktivitas. Untuk anda yang masih belum begitu memahami perihal uninstall aplikasi, berikut ulasan mengenai cara uninstal aplikasi di laptop yang bisa anda simak.

Table of Contents

Dampak Jika Hard Disk Laptop Penuh Yang Perlu Anda Tahu

Pixabay.com

Sebelum melangkah jauh pada cara untuk uninstall aplikasi, ada baiknya anda memahami mengapa harus sering sering menghapus hal yang tidak perlu. Hard disk laptop yang penuh tidak hanya membuat kinerjanya menurun, namun juga akan berdampak pada beberapa hal. Seperti seringnya muncul informasi low disk space yang terkadang membuat anda kesal. Belum lagi bisa menyebabkan system crash atau yang dikenal dengan freeze atau macet.

Komputer atau laptop memang membutuhkan beberapa ruang kosong yang digunakan untuk memori virtual, yang tujuannya untuk menyimpan data ketika RAM hilang. Sehingga akan membuat system menjadi crush ketika tidak ada ruang yang lega lagi. Tak hanya itu, anda juga akan mengalami kesulitan dalam memasang program maupun melakukan pembaharuan. Pembaharuan penting untuk membuat keamanan laptop sendiri.

Apabila sistem gagal akibat hard disk yang penuh, maka anda tak akan bisa memasang aplikasi lagi. Dan dampak selanjutnya juga perlu anda pertimbangkan adalah adanya kerusakan data atau yang dikenal dengan data corruption. Misalnya ketika anda sedang membuka file, kemudian tiba tiba terjadi system crash karena penyimpanan tidak cukup. Yang nantinya akan membuat file disimpan dalam bentuk yang rusak.

Untuk itu anda menguninstal aplikasi yang jarang digunakan atau tak lagi dibutuhkan lagi. Dan tentunya untuk bisa melakukannya, anda harus tahu cara uninstal aplikasi di laptop. Membuang atau uninstall ini merupakan cara yang cukup efektif, agar anda tak mengalami dampak dari penuhnya hard disk tersebut. Tak hanya itu, anda juga perlu untuk melakukan pembersihan pada sistem file sampah yang menumpuk sehingga hard disk menjadi lebih lega.

Menguninstall Menggunakan Fitur Bawaan Pada Laptop

Pixabay.com

Untuk menguninstal aplikasi, anda bisa memanfaatkan fitur bawaan yang dimiliki oleh laptop. Dan hal ini dibedakan dari versi windows yang anda gunakan. Untuk anda yang menggunakan Windows 10, anda beberapa cara yang bisa anda lakukan. Untuk yang pertama merupakan yang paling mudah dan juga simpel. Anda bisa memanfaatkan menu start pada laptop anda, dimana anda harus masuk pada menu start lebih dahulu.

Umumnya letak start ini berada di bagian bawah tampilan laptop. Setelah itu silahkan cari aplikasi atau program yang dinamakan dengan Windows Store yang inggin anda uninstall. Dengan menggulir daftar aplikasi yang ada, anda bisa memilih aplikasi mana yang memang sudah jarang digunakan. Selanjutnya, arahkan mouse pada ikon dari aplikasinya. Klik kanan dan silahkan pilih menu uninstall, tunggu beberapa saat maka anda sudah berhasil menguninstal.

Cara uninstal aplikasi di laptop satu itu memang sangat sederhana dan juga tak membutuhkan waktu yang lama. Selain menggunakan menu start, anda juga bisa memanfaatkan menu settings. Hal pertama tetaplah menuju menu start dan klik kanan. Tunggu beberapa saat hingga muncul menu Apps & Feature, tunggu hingga jendela terbuka. Anda akan disajikan beberapa tab baru atau daftar aplikasi dan program yang telah terpasang.

Anda hanya perlu klik kanan pada aplikasi yang ingin disingkirkan, kemudian memilih uninstall. Dan cara menghapus program atau uninstall dalam windows 10 adalah dengan memanfaatkan menu control panel. Setelah anda sudah berada di control panel, anda ketik saja Programs and Features pada kotak pencarian yang berada di kiri. Tak butuh banyak waktu apa yang anda butuhkan akan muncul. Di tab baru akan terbuka dan anda tinggal pilih aplikasi, klik kanan dan uninstall.

Sebenarnya, cara yang telah dijelaskan tidak hanya bisa dilakukan di Windows 10 saja. Windows 8 dan  7 juga akan menggunakan cara yang hampir sama. Yang membedakan hanyalah letak dan tampilan dari masing masing windows. Secara sederhana, untuk bisa menguninstal aplikasi dilakukan dengan klik kanan lalu memilih uninstall pada yang diinginkan. Untuk windows 7 memang hanya bisa menggunakan control panel untuk yang paling akurat.

Langkahnya juga tidaklah sulit, tinggal menuju start dan mencari bagian control panel. Setelah itu silahkan memilih programs, di bagian bawah terdapat Programs and Features. Gulir hingga anda menemukan aplikasi yang ingin dibuang atau dihapus. Selanjutnya tinggal memilih menu uninstall. Untuk melakukannya tak membutuhkan waktu yang lama, hanya proses penghapusan memang menghabiskan beberapa menit.

Bisa Juga Mengunakan Aplikasi Untuk Hapus Program

Tak hanya menggunakan bawaan dari laptop, anda juga bisa memanfaatkan aplikasi yang berperan sebagai pihak ketiga. Ada banyak sekali aplikasi yang memang ditujukan untuk memberikan perawatan pada laptop atau pc. Anda hanya tinggal mengunduhnya dan memasangnya, ada banyak yang disediakan secara gratis. Salah satu aplikasi yang kondang untuk memberikan pemeliharaan adalah Ccleaner yang banyak digunakan.

Perangkat lunak ini, tidak hanya bisa menguninstal aplikasi namun juga membersihkan sampah yang tidak dibutuhkan. Menu utama yang ditawarkan oleh piranti ini adalah Cleaner, Tools, Registry dan Options. Dengan membuka menu Tools, maka anda bisa melakukan uninstall aplikasi yang tak dibutuhkan. cara uninstal aplikasi di laptop dengan aplikasi ini terbilang cukup efektif dan mudah.

Caranya adalah dengan membuka aplikasi Ccleaner terlebih dahulu. Tentunya setelah anda mengunduh dan memasangnya, setelah itu silahkan menuju menu Tools. Pilih saja menu uninstalla jika sudah terbuka jendelanya. Silahkan memilih aplikasi maupun programm yang ingin dibuang. Setelah itu pilih dan klik kanan aplikasi tersebut, pilih menu Uninstall. Proses ini tak membutuhkan waktu yang panjang dan terbilang mudah.

Memiliki laptop maupun pc berarti harus memperhatikan dan tak hanya menggunakan saja. Hal ini akan membuat kinerja atau performanya menjadi turun jika diabaikan. Dan membuang sebagian aplikasi yang tidak digunakan atau tak lagi perlu merupakan pilihan yang tepat. Cara untuk uninstall program juga tidaklah susah dan membutuhkan banyak waktu. Bagi anda yang membutuhkan informasi tambahan silahkan kunjungi www.charis.id.

Tags: