Skip to content

Bagaimana Cara Membuat Kripik Pisang Coklat yang Sederhana tapi Enak?

  • by

Ada banyak olahan dari buah pisang yang sangat digemari oleh masyarakat. Salah satunya adalah kripik pisang. Cemilan ini cocok dinikmati dengan segelas teh hangat atau coklat untuk menemani waktu menonton TV ataupun bercengkrama dengan keluarga. Sementara itu, kripik pisang juga dapat dibedakan menjadi beberapa jenis yaitu kripik pisang asin, pedas, maupun manis. Bagi para pecinta manis, kripik pisang dengan rasa manis tentu menjadi salah satu pilihan utama. Untuk membuat rasa manis pada kripik pisang tersebut adalah dengan menggunakan bubuk coklat. Maka, jadilah kripik pisang coklat yang renyah, manis, dan cocok untuk dijadikan cemilan. Berikut ini resep membuat kripik pisang coklat yang sederhana dan dapat dibuat di rumah.

Ada beberapa bahan yang diperlukan untuk membuat kripik pisang coklat seperti pisang mengkal, coklat bubuk, gula putih halus, tepung maizena, garam, kapur sirih, dan minyak goreng. Jika kamu tidak mempunyai pisang mengkal, kamu bisa menggantinya dengan menggunakan beberapa jenis pisang lain seperti kepok maupun pisang kapas. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menyiapkan pisang yang akan dibuat kripik. Pertama, pisang yang telah dikupas, direndam dalam air garam selama kurang lebih 1 jam. Setelah itu, pisang tersebut diiris tipis dan direndam kembali di dalam air garam. Kemudian, pisang tersebut direndam dalam air kapur yang sebelumnya telah dibuat selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu, pisang kembali direndam dalam air garam. Sehingga, perendaman pisang pada air garam adalah sekitar 3 kali. Pisang yang telah direndam kemudian digoreng dalam minyak panas hingga warnya berubah menjadi kuning kecoklatan.

Setelah itu, kamu bisa membuat lapisan coklat untuk kripik pisang. Caranya, tepung maizena disangrai dengan gula harus. Setelah itu, campurkan ke dalam coklat bubuk hingga merata. Pindahkan lapisan coklat tersebut ke dalam wadah tertutup. Setelah itu, masukkan kripik pisang ke dalam wadah tersebut dan dikocok hingga permukaan pisang tertutupi oleh bubuk coklat. Kripik pisang coklat telah siap disajikan.